EnglishIndonesian

Motret Capung

Capung 1

Banyak jenis capung yang hidup di sekitar kita. Bahkan di sekitar tempat kita tinggal pun sering dihinggapi capung. Apalagi kalau tempat kita tinggal dekat dengan sumber air seperti sungai, danau dan rawa.

Capung ada yang besar yang sering kita sebut saja dengan “Capung “saja, ada pula yang bentuknya kecil memanjang seperti jarum yang biasa kita sebut “ Capung Jarum.

 

“Warna dan corak capung menarik untuk dijadikan obyek foto. Serangga yang sering terlihat terbang dengan gesit ini pun ternyata perlu kiat khusus untuk diambil gambarnya. Kita harus perhatikan kebiasaan capung ini.

 

Syarat agar mendapatkan foto capung yang baik adalah :

    1. Perhatikan daerah kekuasaan capung, biasanya capung akan punya tenggeran favorit yang akan selalu menjadi tempatnya berdiam diri mengintai mangsa
    2. Perhatikan jam beredarnya capung, ada jenis capung yang akan aktif terbang ketika mulai terang tanah, ada pula yang mulai aktif terbang ketika menjelang matahari terbenam.
    3. Ketika matahari sedang hangat-hangatnya banyak species capung melakukan kopulasi atau kawin, kita akan mendapatkan capung kawin yang akan membentuk seperti posisi “ love”. Menarik sekali, apalagi tidak semua capung akan kopulasi dengan durasi yang lama.
    4. Siapkan alat memotret yang baik. Misalnya, kamera, lensa, lampu tambahan jika perlu
    5. Jangan sungkan untuk kotor, karena kita bakal sering memotret dengan tubuh yang merapat ke bumi untuk mendapatkan angle terbaik.
    6. Kesabaran, memotret di alam perlu sekali kesabaran. Misalnya saja kita sudah menemukan tempat capung bertengger, kita dituntut untuk diam dan menanti capung tersebut hinggap kembali. Sambal menunggu kita bias sesuaikan posisi kamera.

 

 

Untuk peralatan yang digunakan, kita bisa memakai kamera merk apapun, dengan lensa kit atau lensa makro untuk mendapatkan hasil lebih detail.

Bisa juga memakai hape, untuk lensa tambahan bisa memekai lensa bongkaran prosumer yang lebih dikenal dengan lensbong.

Selamat memotret capung.

Kontributor:  @mustbow1

 

Comment

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Lainya