EnglishIndonesian

Motret Ikan Cupang

cupang 2

MOTRET IKAN CUPANG

Memotret ikan cupang bisa dilakukan di rumah dengan syarat pencahayaan yang cukup. Selain pencahayaan dari matahari ditambah dengan menggunakan flash untuk mengatur pencahayaan. Flash dapat diletakan terpisah dari kamera menggunakan tripod / ligth stand / light boom stick  dan diarahkan kedalam aquarium.

Aquarium yang digunakan untuk pemotretan khusus aquarium ikan cupang dengan salah satu sisi ditempel kertas sebagai backgroundnya dengan warna sesuai selera. Teknik dasar pemotretan seperti kita memotret macro dengan diafragma minimal 8, speed dan ISO menyesuaikan. Posisi kamera bisa diletakkan pada tripod dan menggunakan shutter realease cable / remote shutter  atau bisa juga dipegang langsung dengan tangan (handheld).

Editing  / post processing dapat dilakukan untuk mempertajam warna background (BG) sesuai dengan warna BG yang kita pilih (sesuai selera), menggunakan software photoshop . Perapihan warna BG dapat menggunakan menu bucket pada salah satu menu photoshop. Untuk editing pada objek ikan cupang, bisa dilakukan editing ringan untuk Brightness/Contrast maupun Sharpen nya saja kalau tidak mau terlalu banyak edit pada light room atau bahkan dalam software editing foto di handphone (HP).

untuk level yang lebih advance (kepuasan batin yg belum terpenuhi) fotografer  juga dapat melakukan editing dengan cara manual stacking dari multiple exposure frame yang diambil, misal 1-3 foto di blend manual dalam 1 frame. 

Kontributor: @haryanto.dedy

Comment

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Lainya